02 June 2021

Roasting Kopi Bareng Mas Pur, Warung Pucu'e Kendal | Jaten Sari Roastery

Kopiost sekalian.
Kali ini saya akan roasting kopi di Jaten Sari Roastery di Jetak, Kedungsari, Singorojo, Kendal bersama Mas Pur, pengelola Warung Unju'an Kopi Pucu'e Kendal, Gunungsari, Ngesrepbalong, Limbangan.

Hari ini Mas Pur roasting 11kg kopi, Arabica dan Robusta. Tentu saja dibagi menjadi beberapa batch karena mesin roasting di Jaten Sari Roastery ini kapasitasnya tidak terlalu besar.

Di video ini saya tidak akan menceritakan detail proses roasting kali ini, biarlah Mas Pur kelak yang akan bercerita. 
Saya justru akan bercerita tentang sosok Mas Pur.

Saya perkenalkan yaa.
Mas Pur adalah pengelola Kedai Kopi di Gunungsari. Kedainya unik karena terletak tengah kebun di jalan setapak menuju ke Wisata Curug Lawe Secepit, Gunungsari, Ngesrepbalong, Limbangan, Kendal.

Nama kedainya juga unik, Warung Unjukan Kopi Pucu'e Kendal.
Kalau kopiost sekalian ada kesempatan dolan ke arah Kebun Teh Medini, jangan lupa mampir di kedainya Mas Pur ini. Saya sudah berkali-kali berkunjung ke sana, tapi belum pernah sekali pun membuat video di sana. Jadi, nanti akan saya agendakan dolan ngopi ke Warung Unjukan Pucuking Kendal. Makanya, jangan lupa like, subscribe channel Generasi Krupuk Gendar ini, dan nyalakan tanda lonceng agar selalu update perjalanan Sharing Sruput Seduluran.

Saya dan Mas Pur ini sama-sama anggota Komunitas Kopi Siboli, jadi, kami kenal belum lama, kira-kira sekitar Agustus 2020 saat Komunitas Kopi Siboli mulai didirikan.

Mas Pur itu sebetulnya namanya adalah Chaesario Kensay Purwanto, teman-temannya biasa memanggil RIO, tapi saya kadhung akrab memanggilnya Mas Pur. Silakan berkenalan di akun IG-nya.


Dulu, Mas Pur belum melakukan roasting sendiri, namun semenjak bergabung bersama Komunitas Kopi Siboli dimana di komunitas ini sering dilakukan ngopi bareng dan berbagi pengalaman, Mas Pur pun sekarang sudah cukup piawai meroasting kopi terutama untuk keperluan kedai kopi yang dikelolanya. 

Keberadaan Jaten Sari Roastery ini pun sangat mendukung aktivitas Komunitas Kopi Siboli. 
Tidak banyak roastery yang memperbolehkan pelanggan untuk roasting kopi sendiri. Saya, Generasi Krupuk Gendar termasuk yang mengawali roasting sendiri di Jaten Sari Roastery.

Pengelola Jaten Sari Roastery, Pak Badri, orangnya terbuka dan ramah. Beliau tidak pernah enggan berbagi ilmu kepada semua orang. Jadilah Jaten Sari Roastery ini mitra Komunitas Kopi Siboli.

#CoffeeRoasting #KopiSiboli #KopiKendal #Kopi #Siboli #Kendal #JatenSari #Roastery #Kedungsari #Singorojo #Gunungsari #PucueKendal #KopiEndemix #LowCost #IndieJava #Matoyah #CoffeeAdventure #MasPur #ChaesarioKensayPurwanto #Arabica #Robusta #Kopiost